Digital Signage Display

Digital Signage Display dan Kegunaannya

Apa itu digital signage display? Anda mungkin tidak tahu jawaban dari pertanyaan tersebut. Namun tanpa Anda sadari, perangkat merupakan sebuah teknologi modern yang sudah sangat familiar dan akrab dengan kehidupan sehari-hari Anda. Mulai dari stasiun, restauran cepat saji, bank, bahkan hingga mini market di dekat rumah Anda. Umumnya temapt-tempat tersebut menggunakan papan tanda digital ini untuk beragam keperluan.

Namun jika Anda masih belum bisa menebak apa itu digital signage display, berikut penjelasan yang akan membantu Anda. Untuk mengerti lebih dalam mengenai pengertian papan informasi ini serta kegunannya sebagai media komunikasi yang luar biasa.

Digital Signage
Gambar: Digital Signage Display di Bandara

Digital Signage Display Apa Itu?

Jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia, digital signage display bisa diartikan sebagai papan informasi berbentuk elektronik. Jadi lebih tepatnya, papan informasi digital merupakan benda elektronik yang biasanya digunakan untuk menyampaikan informasi kepada audiens atau pelanggan toko. Menggunakan teknologi digital seperti layar LED, LCD, atau projection screen dengan menampilkan konten berupa video, gambar, atau teks.

Sebenarnya, signage atau papan informasi sudah sering digunakan untuk beriklan sejak jaman dahulu dalam bentuk banner, baliho, atau spanduk. Namun sebagai media komunikasi yang lebih modern dan canggih, kegunaan papan informasi digital pun terus berkembang dan berubah. Dan menjadi alat yang dapat dirancang serta dimodifikasi untuk memenuhi berbagai kebutuhan bisnis.

Apa Saja Kegunaan Perangkat Ini?

Beralih ke pertanyaan selanjutnya, seperti apa kegunaan digital signage display sebagai media komunikasi dan contoh penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari? Berikut penjelasaanya.

  • Video Display Screen: Penggunaan digital signage yang paling umum biasanya dijadikan sebagai media untuk menyampaikan informasi dalam bentuk video. Konten yang ditampilkan pun bermacam-macam, bisa dalam bentuk teks, animasi, grafis, atau gambar bergerak lainnya. Salah satu contoh penggunaan video display screen dapat Anda temukan dengan mudah di dalam Commuter Line.
  • Interactive Digital Signs: Pada penggunaan digital signage jenis ini, audiens yang melihat tidak hanya sekedar diajak menonton layar saja, tapi Anda juga bisa mengajak mereka untuk terlibat secara aktif. Interactive digital signs memungkinkan setiap audiens untuk melakukan kontak seperti memilih opsi, memasukkan informasi, dan mengontrol konten yang dilihat dengan layar disentuh. Singkatnya, perangkat jenis ini biasanya digunakan sebagai mesin antrian elektronik yang dapat Anda temukan di tempat-tempat tertentu seperti bank, stasiun, atau rumah sakit.
  • Wayfinding Boards: Digital signage jenis ini biasanya dapat ditemukan di tempat-tempat luas yang cukup rumit seperti rumah sakit, mall, bandara, dan tempat wisata. Wayfinding boards memungkinkan setiap pengunjung atau pelanggan untuk mendapatkan informasi mengenai arahan khusus atau lokasi di mana mereka berada saat ini.
  • Digital Menu Boards: Digital menu boards paling sering digunakan di berbagai macam restauran untuk menampilkan informasi harga dan keterangan mengenai menu mereka. Dibanding menggunakan menu dalam bentuk buku atau poster, tentu saja penggunaan digital signage displya jauh lebih efektif dan efisien, terutama bagi para pemilik restauran yang sering menambahkan menu baru atau ingin mengganti menu pada musim-musim tertentu.

Keuntungan Menggunakan Digital Signage Display

Digital signage display memiliki berbagai manfaat yang sangat luas dan beragam, tergantung bagaimana cara Anda menggunakannya. Misalnya, perangkat ini dipasang di area tunggu dapat memberikan hiburan atau informasi-informasi bermanfaat. Bagi pelanggan yang datang sehingga mengurangi waktu menunggu yang mereka rasakan. Sedangkan jika digunakan sebagai mesin antrian, perangkat ini dapat membantu pemilik bisnis untuk efisiensi waktu dan memanajemen antrian pelanggan. Sehingga mereka tidak merasa diabaikan dan lebih nyaman ketika mengantri.

Itu dia penjelasan mengenai digital signage display dan kegunaannya dalam dunia bisnis. Selain canggih dan modern, papan informasi digital ini juga dapat dimanfaatkan oleh berbagai macam industri. Mulai dari bisnis reatil, restauran, rumah sakit, kesehatan, otomotif, dan lain sebagainya. Simak juga mempabahasan mengenai mesin antrian bank dan perangkat lainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.